Sponsor

Tempat Wisata Danau gunung tujuh

Keindahan alam di Danau Gunung Tujuh ternyata menyimpan sebuah pemandangan serta suasana yang cukup memukau loh, tak heran apabila banyak dari para pendaki yang penasaran terhadap danau ini. Penasaran terhadap keindahan apa saja yang bisa lo dapatkan di sana? Berikut beberapa informasinya!

5 Keindahan Alam di Danau Gunung Tujuh yang Akan Membuat Lo Terpesona!

Halo para pendaki, tentunya pernah mendengar mengenai Gunung Kerinci, gunung yang memiliki jalur cukup sulit ini memang merupakan salah satu destinasi yang tepat untuk menjadi penjelajahan lo berikutnya. Namun apakah hanya itu saja yang bisa lo dapatkan ketika melakukan pendakian di sana? Tentu saja tidak, karena lo bisa melihat keindahan dari Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara.

Danau yang memiliki keindahan tersebut bisa lo temukan ketika lo sudah turun dari atau sudah selesai melakuakn pendakian dari Gunung Kerinci. Sebenarnya bisa-bisa saja sih untuk lo langsung melakukan pendakian ke danau ini, namun banyak dari pendaki yang kurang puas apabila tidak naik ke Gunung Kerinci terlebih dahulu.

Karena perjuangan lo ketika melakukan pendakian ke Gunung Kerinci yang terletak di ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut akan terasa lebih indah lagi apabila melanjutkan perjalanan lo ke Danau Gunung Tujuh ini. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap keindahan serta keunikan yang bisa lo dapatkan di danau ini, berikut beberapa informasi yang patut untuk lo ketahui!

 

Mengenal Lebih Dekat Danau Gunung Tujuh

5 Keindahan Alam di Danau Gunung Tujuh yang Akan Membuat Lo Terpesona!
Suasana di Danau Gunung Tujuh
Tentunya hal utama yang perlu untuk lo ketahui seputar danau ini ialah dimana serta seperti apa bentuk dari kawasan wisata ala mini. Danau Gunung Tujuh ini merupakan danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. Tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro. Danau ini berada di kawasan Danau Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci.

Dan Gunung Tujuh itu sendiri masih merupakan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Berbicara mengenai danau ini, ternyata Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara loh. Dengan luas sekitar 960 hektar, panjang 4,5 km serta lebar 3 km.

Ketinggian danau tersebut bisa mencapai 1,950 meter di atas permukaan laut. Karena letaknya yang berada di atas gunung, menjadikan suasana danau masih asri dan alami. Udara segar, panorama hijau dan air danau yang jernih tentunya menjadi sebuah pemandangan yang akan lo dapatkan di kawasan wisata ini.

 

Danau Vulkanik dengan Beragam Keindahan

5 Keindahan Alam di Danau Gunung Tujuh yang Akan Membuat Lo Terpesona!
Suasana di Danau Gunung Tujuh
Perlu diketahui pula dibalik dari keindahan yang ada, ternyata Danau Gunung Tujuh ini merupakan danau vulkanik nan menawasan yang memang tercipta karena proses letusan gunung api yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci.

Letusan dari gunung tersebut pun menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau. Danau Gunung TUjuh ini mengaliri beberapa sungai di Jambi, salah satu alirannya pun bermuara di Sungai Batanghari.

 

Dikelilingi Oleh Tujuh Gunung

5 Keindahan Alam di Danau Gunung Tujuh yang Akan Membuat Lo Terpesona!
Suasana di Danau Gunung Tujuh
Seperti apa yang sudah diketahui, kalau nama dari Danau Gunung Tujuh ini bukanlah merupakan sebuah isapan jempol belaka, melainan nama tersebut datang dari kondisi sekitar lingkungan danau ini yang memang memiliki tujuh gunung di sekitarnya.

Tujuh gung nung yang ada di kawasan danau ini pun memiliki nama-nama yang unik serta memiliki ketinggian yang cukup membuat para pendaki tertantang untuk menaklukannya. Terdapat Gunung Hulu Tebo yang memiliki tinggi sekitar 2.525 mdpl, Gunung Hulu Sangir dengan tinggi sekitar 2.330 mdpl, Gunung Madura Besi dengan tinggi sekitar 2.418 mdpl, Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut dengan tinggi sekitar 2.350 mdpl, Gunung  Selasih dengan tinggi sekitar 2.230 mdpl, Gunung Jar Panggang dengan tinggi sekitar 2.469 mdpl dan Gunung Tujuh yang memiliki tinggi sekitar 2.735 mdpl.

 

Melakukan Pendakian ke Danau Gunung Tujuh

5 Keindahan Alam di Danau Gunung Tujuh yang Akan Membuat Lo Terpesona!
Papan Petunjuk Pendakian
Ketika melakukan pendakian ke Danau Gunung Tujuh, tentunya langkah awal yang harus untuk lo lewati ialah menapakkan kaki menyusuri jalur pendakian dari Gerbang Pos TNKS Resort Gunung Tujuh di Desa Palompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Dari titik tersebut lah perjalanan lo untuk melihat keindahan dari Danau Gunung Tujuh pun dimulai. Dengan trek yang memiliki kontur tanah serta berbatu menjadi sebuah rintangan awal yang harus lo hadapi. Belum lagi dengan suasana ataupun medan yang tergolong sepi. Belum lagi dengan jalurnya yang sulit sehingga membuat untuk selalu bersabar akan setiap langkah yang lo buat.

Ooo iyaa, perlu diketahui pula kalau di kawasan pendakian Danau Gunung Tujuh ini masih terdapat beberapa jenis binatang liar seperti harimau ataupun karnivora lainnya. Sehingga disarankan untuk tidak terlalu lama beristarahat, agar tidak menarik perhatian dari para karnivora tersebut.

Kurang lebih perjalanan lo akan memakan waktu 5 jam, namun dibalik usaha yang lo lakukan tentunya lo akan mendapatkan sebuah keindahan dari danau yang sangat indah ini. Pemandangan alam yang memukau pun menjadi sebuah hal yang mampu ditawarkan oleh danau ini.

 

Keindahan Danau Gunung Tujuh

5 Keindahan Alam di Danau Gunung Tujuh yang Akan Membuat Lo Terpesona!
Suasana di Danau Gunung Tujuh
Ketika lo sudah tiba di kawasan Danau Gunung Tujuh, tentunya lo langsung melihat sebuah keindahan berupa betangan danau yang memiliki airnya yang jernih beserta indahnya perpaduan ketujuh gunung tersebut.

Bukan hanya berupa keindahannya saja, namun kebersihan serta kelestarian dari danau ini pun perlu untuk selalu lo jaga. Selain itu, tentunya menikmati momen di kawasan danau nan eksotis ini pun memang patut untuk lo abadikan. Sehingga jangan lupa untuk membawah kamera lo yaa.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Danau Gunung Tujuh di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang lo kunjungi. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi yaa!

Share:

0 Comments