Sponsor

Info Tempat Wisata | Ngarai Sianok Bukit Tinggi | Sumatra Barat

Bagi Anda yang akan mengunjungi Sumatera Barat, sertakan Ngarai Sianok di daftar tur wajib dikunjungi. Alasannya, ngarai Sianok menunjukkan keindahan alam yang luar biasa.
Ngarai Sianok adalah patahan lempeng tanah yang sering Anda temukan dan lihat di gambarnya di uang kertas 2.000 perak. Terletak di Bukittinggi, Kabupaten Agam, Ngarai Sinok memiliki dua bukit curam yang menjulang ke selatan.

Tembok ini memisahkan Kota Bukittinggi dan kota Gadang. Dengan menandai garis terakhir antara Ngarai Koto Gadang ke Ngarai Enam Siu Siuok dan berhenti di Palupuh. Lembah ini adalah patahan Semangko yang panjang, Lembah ini memiliki kedalaman 100 m, panjang 15 km dan lebar 200 m. Di jantung lembah terletak Sungai Sianok, yang mengalir ke Samudra Hindia. Sungai terkadang digunakan untuk arung jeram, kayak, dan kano.

Di tepi sungai ada tanaman berbunga yang indah, dan berbagai tanaman obat. Tidak jauh dari sungai, ada sawah dan taman yang indah. Di seberang sungai, Anda akan menemukan hutan. Ada banyak binatang liar seperti siamang, kera, rusa, babi hutan dan lainnya.

Udara di sini sangat tenang dan damai, dengan angin sejuk yang sejuk. Ini dimaksudkan agar Anda bersantai dalam untuk melepaskan lelah anda.


Panorama indah ngarai Sianok

Jika Anda ingin menikmati keindahan ketinggian, Anda bisa melihatnya dari Taman Panorama atau jalan setapak ke lereng. Dari atas Anda akan melihat panorama seluruh ngarai Sianok.
Bukittinggi terkenal sebagai kota tinggi yang dikelilingi oleh pegunungan yang bergulir. Lingkungan alami kota adalah berkah bagi kota yang sejuk ini. Selain diberkati dengan tanah subur, kota ini memiliki panel kecantikan alami di hampir setiap hal, menjadikannya tujuan yang menarik bagi wisatawan. Salah satu contoh keindahan tersebut adalah pemandangan panoramik dari jejak alam yang mengelilingi ngarai Sianok.

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah yang dikelilingi oleh lereng curam dan rawa-rawa di tengahnya. Kontur Lembah Sianok terbentuk sebagai hasil dari proses menurunnya beberapa dataran tinggi, yang mengarah ke jalur memotong ngarai.



Ngarai ini membentang dari 15 km dari sisi selatan Nagari Koto Gadang ke Enam Suku Nagari Sianok, dengan tebing mencapai 100 meter dan lebar sekitar 200 meter.
Sianok adalah bagian dari Kacang Semangko (Sesar) yang membelah Pulau Sumatra pada dua titik dari Aceh ke Teluk Semangka di Lampung. Nam Semangko sendiri adalah zona patahan yang membentuk Gunung Barisan Bukit.

 

Ngarai Sianok, Sumatra Barat

Ngarai Sianok adalah bentuk aktivitas tektonik yang paling jelas di pulau Sumatra. Proses pembuatan cacat ini mengarah ke tanah subur dan panel halus.

Tempat itu memiliki nama lain, yaitu Lembah Damai, karena udaranya yang tenang dan damai. Didukung oleh suasana yang bersih dan sejuk, dipadukan dengan suara burung dan suara air sungai, ngarai ini sangat ideal sebagai tempat untuk meringankan beban emosional dari rutinitas sehari-hari.
Maka, banyak warga Kota Bukittinggi menyelesaikan akhir pekan mereka dengan berolahraga di Ngarai. Kegiatan olahraga yang paling umum termasuk menunggang kuda, bersepeda gunung, atau hanya berlari untuk mengurangi kelelahan.



Jika Anda hanya berhenti di Bukittinggi untuk sesaat dan tidak punya banyak waktu, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menikmati pemandangan panorama Ngarai Sianok yang indah di daerah terpencil yang disebut Taman Panorama.

Di sebuah taman di Jan Panorama, Kota Bukittinggi, pengunjung dapat bersantai sejenak sambil mengagumi dan menyaksikan pemandangan lembah yang indah. Untuk menikmati suasana di seluruh dunia, para tamu dapat membeli beberapa oleh-oleh di Bukittinggi di toko-toko di sepanjang jalan di taman.

Share:

0 Comments