Sponsor

Taman Wisata Dunia Fantasi (Dufan)

Dufan adalah singkatan dari dari “Dunia Fantasi”. Dufan merupakan salah satu objek wisata yang menjadi bagian dari Taman Impian Jaya Ancol. Di Taman Ancol, selain Dufan juga terdapat sejumlah fasilitas yang lain, seperti Sea World Ancol, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, Pasar Seni, Pantai  Ancol, Padang Golf, Gondola, Putri Duyung Cottages, Marina, dan masih banyak lagi yang lain.



Liburan ke dufan
Liburan ke dufan
Jika Taman Impian Jaya Ancol mulai beroperasi sejak tahun 1968, maka Dufan baru diresmikan pada 29 Agustus 1985 atau sekitar 17 tahun kemudian, sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengembangkan Ancol sebagai kawasan wisata terpadu.
Dufan dikembangkan sebagai sebuah theme park. Disini pengunjung akan disuguhi dengan sejumlah wahana permainan bertekhnologi modern yang akan memanjakan imajinasi.

Wahana permainan yang ada di Dufan tidak hanya khusus bagi anak-anak, tapi juga banyak yang diperuntukkan bagi remaja dan dewasa. Karena itu, berbagai wahana yang ada terbagi atas beberapa jenis, yaitu Children Ride, Family Ride, Thrill Ride dan Water Ride.


bangunan indah
Bangunan didesain artistik

 

Lokasi Dufan Jakarta

Dufan terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol. Tepatnya di Jl. Lodan Timur No. 7 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

 

Rute dan Sarana Transportasi Menuju Dufan Jakarta

Lokasi Dufan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol membuat rute untuk menuju ke sana tidaklah sulit. Dufan Jakarta bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

 

Kendaraan Pribadi

Ada beberapa jalur yang bisa dilewati jika menggunakan kendaraan pribadi.

 

1. Dari arah Banten

Jarak untuk sampai ke lokasi ± 34 km dengan waktu tempuh sekitar satu jam jika lalu lintas lancar. Rutenya sendiri bisa diambil melalui Jl. H. Rasuna Said Tangerang, kemudian masuk ke Tol Jakarta/Tangerang – Jl. Pantura – Tol Merak/Jakarta – Tol Lingkar Luar Jakarta – Tol Prof Sedyatmo – Tol Pelabuhan – Jl. Lodan Raya – Dunia Fantasi.

 

2. Dari arah Bogor

Jaraknya sekitar 70 km dan memakan waktu tempuh ± dua jam. Rute yang bisa dimulai dari Tol Jagorawi – Tol Cililitan 2 – Jl. Pulomas/Cawang – Tol Ir. Wiyoto Wiyono -Tol Pelabuhan – Jl. Lodan Raya – Dunia Fantasi.

 

3. Dari arah Bekasi

Jaraknya sekitar 35 km dan memakan waktu tempuh sekitar satu jam. Rutenya dimulai dari Tol Lingkar Luar Timur – Tol Tj. Priok – Jl. Enggano – Jl. R.E Martadinata – Dunia Fantasi.

 

4. Dari arah Depok

jaraknya sekitar 50 km dan dapat ditempuh dalam waktu hampir dua jam. Rutenya dimulai dari Jl. Krukut Raya – Jl. Pangkalan Jati – Jl. RS Fatmawati – Tol Pondok Pinang/TMII – Tol Lingkar Luar Jakarta – Tol Prof Sedyatmo – Tol Pelabuhan – Jl. Lodan Raya – Dunia Fantasi.

 

Kendaraan Umum

Tersedia beberapa jenis transportasi umum yang bisa digunakan untuk sampai ke Dunia Fantasi Ancol. Kita bisa memilih menggunakan KRL Commuter Line, Bus Transjakarta, atau Bus Reguler.

 

1. Naik KRL dari Bogor

Bisa turun di Stasiun Kampung Bandan lalu dilanjut dengan Mikrolet M15 atau M15A lalu turun di pintu utama Ancol.

 

2. Naik KRL dari Bekasi

Bisa turun di Stasiun Jakarta Kota lalu diteruskan dengan menaiki Mikrolet M15 atau M15A dan turun di pintu utama Ancol.

 

3. Naik KRL dari Serpong

KRL akan transit di Stasiun Tanah Abang kemudia kamu bisa turun di Stasiun Kampung Bandan. Setelah itu kamu bisa naik Mikrolet M15 atau M15A lalu turun di pintu utama Ancol.

 

4. Bus Transjakarta

Naiklah bus Koridor 1 dan Koridor 5 lalu langsung turun di Halte Ancol.

 

5. Naik bus reguler

Bisa naik bus jurusan Blok M – Ancol. Atau kalau dari arah Bekasi naiklah Bus Mayasari Bakti 27 (AC) jurusan Bekasi Barat – Mangga Dua kemudian dilanjut denga Mikrolet M15 atau M15A kemudian turun di pintu utama Ancol.

 

Jam Buka Dufan Jakarta

Kalau ingin berkunjung ke Dunia Fantasi, kamu harus perhatikan jam bukanya, karena tempat rekreasi ini tidak buka 24 jam.

Untuk hari Senin – Jumat tempat ini beroperasi mulai pukul 10.00 sampai dengan 18.00 WIB. Untuk hari Sabtu – Minggu mulai dari jam 10.00 – 20.00 WIB.

 

Tiket Masuk Dufan Ancol

Mengenai tiket masuk, yang menarik di Dufan ini adalah dengan cukup membeli satu tiket, kita sudah dapat menikmati seluruh wahana permainan yang ada sepuasnya.

Untuk harga tiket masuk bervariasi, mulai dari yang paling murah Tiket Regular weekday senilai 200 ribu, sampai temahal Premium Weekend senilai 550 ribu.

Untuk anak-anak dengan tinggi di bawah 100 cm dan lansia yang berusia lebih dari 65 tahun tidak dikenakan biaya tiket masuk.

 

Wahana Dufan Ancol

Dari puluhan wahana yanga da di Dufan Ancol, semuanya diklasifikasikan berdasarkan tingkatannya, yaitu Children Rides untuk anak anak, Family Ride untuk keluarga, Water Ride untuk main air, dan Thrill Ride untuk memacu adrenalin.

Berikut adalah jenis-jenis Wahana Dufan Ancol berdasarkan pembagian klasifikasinya.

 

Children Rides

 

Ubanga Banga



Ubanga banga
Ubanga Banga
Wahana ini berada di Kawasan Kalila. tepatnya ada di sisi barat Dufan. Ubanga Banga didesain khusus untuk anak-anak berusia 5 sampai dengan 12 tahun. Untuk para orang tua tidak perlu khawatir jika si kecil ingin menaikinya, karena Wahana ini sudah dilengkapi dengan pengamanan. Wahana ini bisa digunakan oleha nak dengan tinggi minimal 125 cm.

 

Family Ride

 

1. Hello Kitty Adventure



Hello kitty
Hello Kitty Adventure
Wahana keluarga ini dibangun untuk memuaskan para penggemar karakter lucu dari Jepang tersebut. Pengunjung akan diajak melihat-lihat dan juga berfoto dengan patung Hello Kitty. Ruangannya didominasi dengan warna pink, warna resmi hello kitty.

Di sini, tidak hanya ada Hello Kitty. Ada juga karakter My Melody, Kero Keroppi, Bad Batdz Maru, dan disandingkan dengan konten-konten lokal asli Indonesia.

 

2. Treasure Land Temple of Fire



Treasure land
Treasure Land Temple of Fire
Berlokasi di Panggung Maxima Dufan, wahan ini merupakan pagelaran teater atraksi Live Action Stuntman Show. Atraksi-atraksi tersebut dilakukan oleh para stuntman yang didatangkan dari beberapa negara, yaitu Amerika, Jerman, Brasil, dan Tiongkok.

Sepanjang pertunjukkan, penonton disuguhi aksi menegangkan. Seperti efek ledakan, pasir hisap, kapal perang, batu besar runtuh, dan tembak-tembakan, serta beberapa efek api lainnya.

 

3. Istana Boneka



istana boneka
Istana Boneka
Istana Boneka selalu menjadi favorit anak-anak. Istana Boneka terletak di Kawasan Eropa. Wahan ini untuk anak dan dewasa.

Pengunjung akan dibawa menaiki perahu melewati terowongan yang di dalamnya dipenuhi boneka yang berpakaian adat Indonesia dan pakaian yang mencerminkan budaya dari negala lain.

 

4. Bianglala



Bianglala
Bianglala
Salah satu icon Ancol ini, selalu menjadi wahana favorit pengunjung. Bianglala adalah sebuah kincir berukuran besar yang akan mengajak pengunjung melihat pemandangan sampai di ketinggian mencapai ± 30 meter. Bianglala berkapasitas 180 orang.

 

5. Fantasy Light Magic of Dufan



Fantasy Light
Fantasy Light Magic of Dufan
Fantasy Light Magic adalah taman yang mengusung konsep digital lights. Wahana ini dibuka setiap hari pada pukul 18.00 – 20.00 WIB.

Di dalamnya, pengunjung akan dimanjakan dengan aneka pepohonan dan aneka binatang yang bisa memancarkan cahaya. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati Multimedia Show yang digelar di wahana Fantastique.

 

6. Perang Bintang



Perang bintang
Perang Bintang
Perang Bintang merupakan sebuah wahana yang berlatarkan planet Mars pada tahun 2200. Para pengunjung diajak untuk berperang melawan alien dengan mengendarai sebuah kapsul yang dilengkapi sejata laser.

Selama permainan berlangsung, pengunjung menembak alien jahat yang menyerang secara tiba-tiba. Pada kapsul yang dikendarai pengunjung terdapat papan score yang menunjukkan nilai hasil tembakan.

 

7. Kalila Adventure



kalila
Kalila Adventure
Wahana ini mengusung kolaborasi lima unsur teknologi canggih: musical showbiz, animatronic theatre, film, sound and special effect, dan science.

Kalila Adventure sendiri berkapasitas 800 orang. Pengunjung bisa menikmati pertunjukkan yang penuh dengan kecanggihan teknologi yang dipadukan dengan cerita menarik yang cocok ditonton bersama keluarga.

 

8. Rumah Miring



rumah miring
Rumah Miring
Wahana ini tidak mengandalkan mesin seperti wahana Dufan Ancol lainnya. Rumah Miring lebih mengusung konsep rekayasa rancang bangun yang mampu memanipulasi indera manusia.

Ketika mencobanya, pengunjung akan melihat setiap benda yang dipajang hampir semuanya terlihat miring dan tak jarang para pengunjung akan berjalan sambil berpegangan karena seakan-akan benda-benda tersebut akan jatuh menimpanya

 

9. Poci Poci



poci poci
Poci Poci
Ketika menaiki wahana ini, pengunjung masuk ke dalam gelas besar yang mampu menampung beberapa orang dan diajak berputar-putar. Di tengahnya ada sebuah poci atau teko besar yang dikelilingi oleh gelas-gelas besar yang dinaiki pengunjung.

 

10. Ontang Anting



ontang anting
Ontang Anting
Saat menaiki wahana Ontang Anting, pengunjung akan duduk di sebuah kursi dan dibawa terbang di udara. Pengunjung akan merasakan keseruan dengan menaikinya.

Meskipun dibawa berputar-putar di ketinggian, wahana ini tidak termasuk wahana ekstrim. Jadi, Ontang Anting ini bisa dinaiki baik orang dewasa maupun anak-anak.

 

11. Rajawali



rajawali
Rajawali
Wahan ini akan membawa pengunjung berputar-putar di ketinggian yang bisa mencapai 25 meter. Dari wahana ini, pengunjung bisa melihat pemandangan dari ketinggian dan menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi.

 

12. Burung Tempur



burung tempur
Burung Tempur
Burung Tempur mampu berputar 360° dan bisa dinaik turunkan secara manual oleh pengunjung. Permainan ini menjadi salah satu yang paling difavoritkan oleh anak-anak karena dapat melayang dan berputar hingga ketinggian 15 meter. Untuk kapasitasnya sendiri maksimal dinaiki oleh 28 orang.

 

13. Gajah Beledug



gajah bledug
Gajah Beledug
Gajah Beledug merupakan wahana yang hampir mirip dengan Rajawali, sama-sama bisa membawa pengunjung terbang di ketinggian, namun tidak setinggi Rajawali.

Sesuai dengan namanya, wahana ini memiliki bentuk gajah yang pastinya sangat disukai anak-anak.

 

14. Turangga Rangga



turangga-rangga
Turangga Rangga
Permainan ini familiar dikenal dengan sebutan komidi putar. Sangat cocok untuk anak-anak atau orang dewasa yang ingin bersantai.

 

15. Alap Alap



alap alap
Alap Alap
Alap Alap sedikit mirip dengan halilintar dalam bentuk yang lebih kecil. Tentu saja tak seseram wahana halilintar. Alap-alap akan mengajak pengunjung untuk berputar hingga tiga kali. Tapi tentu saja rintangannya tak seseram Halilintar.

 

Water Ride

 

1. Ice Age Arctic Adventure



ice age
Ice Age Arctic Adventure
Ice Age Arctic Adventure adalah wahana bertemakan es yang pertama kali hadir di Asia. Bagi para pecinta film animasi Ice Age,ini adalah mimpi yang terwujud.

Pengunjung bisa merasakan proses pencairan es di Kutub Utara yang sama persis seperti yang diceritakan di film animasi Ice Age. Ada petualangan seru yang dikemas dalam konsep dark ride. Di mana petualangan tersebut akan dibarengi dengan serunya berbagai efek spesial dan teknologi canggih yang penuh kejutan.

 

2. Niagara Gara



niagara
Niagara Gara
Niagara Gara adalah wahana perahu luncur yang berbentuk balok kayu yang mengajak kita untuk merasakan keseruan meluncul kencang mengikuti arus air.

Di mana klimaksnya adalah kita dibawa naik setinggi 20 meter dan terjun seolah-olah hanyut mengikuti arus air terjun.

 

3. Arung Jeram



arung-jeram
Arung Jeram
Pada wahana ini pengunjung akan dibawa mengitari sungai sepanjang 325 meter dengan arus yang sangat deras. Pengunjung dapat merasakan sensasi menaiki arung jeram sungguhan. Wahana ini tentu saja akan membawa keseruan dan cocok dicoba bersama teman-teman.

 

Thrill Ride

 

1. Halilintar



halilintar
Halilintar
Halilintar merupakan salah satu wahana ekstrim, yang tidak sembarang orang bisa mencobanya. Halilintar ini sering juga disebut wahana roller coaster.

Lintasannya sendiri dibuat sedemikian rupa, sehingga ketika roller coaster tersebut melintasinya, pengunjung akan berputar-putar dan terbalik dengan kecepatan tinggi.

 

2. Tornado



tornado
Tornado
Tornado akan membawa penumpang untuk duduk di kursi berjajar dan saling membelakangi.
Setelah mesin dihidupkan, pengunjung akan dijungkirbalikan di udara. Tentu saja harus siap mental dan fisik sebelum mencobanya.

 

3. Hysteria



ekspresi naik histeria
Hysteria
Hysteria mengajak pengunjung untuk berteriak ketakutan. Pengunjung dilemparkan ke atas dalam waktu singkat. Setelah itu akan dijatuhkan dengan sangat cepat.

Hal ini akan dilakukan secara berulang-ulang. Kalau kamu nggak berani, atau mudah muntah, wahana ini tidak disarankan deh buat lho.

 

4. Kicir Kicir



kicir kicir
Kicir Kicir
Kicir Kicir biasa dikenal juga dengan sebutan Power Surge. Saat menaikinya, pengunjung akan diajak berputar 360°.

Tak hanya berputar biasa, tetapi juga akan ada sensasi melintir sambil meluncur dengan kecepatan tinggi. Pastikan kamu sedang dalam kondisi tubuh yang fit jika ingin mencobanya.

 

5. Pontang Pontang



pontang pontang
Pontang Pontang
Saat menaiki wahana ini, pengunjung harus siap-siap diajak berutar-putar dan tubuh pun akan terhempas ke kanan dan ke kiri.
Kita akan merasakan sensasi benturan berulang ulang macam di dalam mobil yang berguling guling.

 

6. Ombang Ombang



Ombang ombang
Ombang Ombang.
Wahana ini juga sering dikenal dengan nama Ombang Ambing. Sesuai dengan namanya, saat menaikinya seolah kita diombang ambingkan oleh ombak. Kita diajak naik turun secara ekstrim dengan goncangan yang dahsyat.

 

7. Kora Kora



korakora
Kora Kora
Kora Kora merupakan sebuah perahu besar yang akan mengayunkan ke arah depan dan belakang dengan sangat kencang. Pada awalnya ayunannya akan terasa sangat pelan dan lembut. Namun, lama kelamaan ayunannya akan sangat kencang bahkan bisa maju mundur dengan kemiringan hingga 90°

 

Tips Wisata di Dufan Ancol

  • Sebelum datang dan mencoba semua wahana Dufan Ancol, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan terlebih dulu. Demi kenyamanan dan memaksimalkan kepuasan dalam berwisata. Berikut adalah beberapa tips nya.
  • Bawa baju ganti. Karena ada beberapa wahana yang mengharuskan kita untuk berbasah-basahan.
  • Pakailah baju yang nyaman dan hindari mengenakan pakaian berwarna gelap, karena ini wahana outdoor. Akan lebih baik lagi kalau kamu bawa payung untuk melindungi dari sengatan sinar matahari dan juga pakai tabir surya.
  • Untuk menghemat budget, mending kamu bawa bekal sendiri. Hampir semua makanan atau minuman yang dijual di sini harganya muahal ampek berlipat lipat dari harga normal.
  • Rajin cek website resminya untuk mencari info tentang promo tiket masuk Dunia Fantasi.
  • Datanglah pada hari kerja untuk menghindari antrean panjang.
  • Sebaiknya tidak datang di musim penghujan. Saat hujan, beberapa wahana tidak akan dioperasikan dengan alasan keselamatan.
  • Cek jadwal wahana Dufan Ancol. Karena ada beberapa wahana yang dioperasikan dalam waktu-waktu tertentu saja.
Itulah beberapa info yang mungkin kamu butuhkan sebelum berkunjung ke taman rekreasi ini. Dengan persiapan yang matang, liburanmu di Dufan pasti akan seru dan tak terlupakan.
Selamat berlibur!

Share:

0 Comments