Sponsor

Taman Wisata Seaworld Ancol



Menjelang libur panjang ketika Idul Fitri, Natal dan juga Tahun Baru atau libur-libur pada saat weekend tentu saja menghabiskan waktu liburan bersama keluarga menjadi salah satu cara yang sangat menarik. Berlibur ke kawasan wisata yang edukatif dan juga informatif tentu saja bisa melepaskan penat dari beban kerja yang tinggi. Selain itu bisa memberikan edukasi kepada anak-anak dengan lebih baik.

Di Indonesia ada banyak kawasan wisata edukatif yang bisa dikunjungi. Baik itu di Jakarta, Bandung, Pangandaran, Jogja, Solo, Bali, Surabaya hingga daerah-daerah seperti Purwokerto dan juga Sidoarjo serta Malang yang memiliki banyak kawasan wisata edukatif. Di Jakarta sendiri ada Taman Mini Indonesia Indah atau TMII yang siap memberikan informasi lebih lengkap mengenai budaya di Indonesia. Apalagi di sini juga ada Snowbay Water Park.

Selain TMII, ada Safari Park Zoo yang memberikan informasi mengenai kehidupan dan habitat dari hewan-hewan serta flora yang dikembang biakkan di sini. Para wisatawan akan merasakan berada di Afrika yang penuh dengan hewan-hewan yang hidup bebas.

Liburan di dekat rumah atau di sekitar kota dimana kita tinggal tidak terlalu membosankan. Bahkan ada banyak hal yang bisa didapatkan ketika mengunjungi kawasan wisata di sekitar kota tempat kita tinggal. Memang tidak semewah jika kita berlibur ke luar negeri. Singapore misalnya yang terkenal dengan kemewahannya seperti Universal Studios, Sentosa, Esplanade atau juga Malaysia yang memiliki pesona seperti Petronas, KLCC dan juga Under Sea World atau Aquaria yang menyajikan aneka ikan dan hewan di bawah laut yang indah.

Berbicara mengenai ikan dan hewan-hewan laut, di Jakarta juga mempunyai kawasan wisata yang menyajikan aneka jenis ikan serta hewan laut yang hidup di samudra luas. Di Jakarta ada Neo Soho Aquarium dan juga Seaworld Ancol yang siap memberikan sisi edukasi dan informasi kepada para pengunjung. Tentu saja Seaworld bisa menjadi pilihan yang pas untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga kala libur panjang.

Seaworld memang menjadi salah satu kawasan wisata liburan yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Banyak peminat terutama dari kalangan anak-anak untuk melihat dan menyaksikan keindahan hewan-hewan di laut. Apalagi sekarang juga sudah ada game Seaworld Tycoon yang memudahkan para pengguna untuk merancang dan mendesain Seaworld versi mereka.

Pintu masuk Seaworld

 

Mengenal Seaworld

SeaWorld Ancol sendiri merupakan salah satu kawasan wisata yang sangat lengkap. Di sini para wisatawan akan mendapatkan aneka hiburan dan juga sisi edukasi serta pendidikan yang akan memperkenalkan mengenai kehidupan dunia laut. Sea World Ancol ini memiliki visi dan misi yang cukup menarik. Seaworld mengedepankan sektor Pendidikan, Konservasi dan juga Hiburan kepada para wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata edukasi ini.

Sea World Ancol sendiri sudah menasbihkan diri bahwa mereka merupakan salah satu kawasan wisata hiburan berkualitas dengan mengedepankan sisi edukasi kepada para wisatawan. Seaworld memiliki visi dan misi guna memperkenalkan kehidupan dan juga ekosistem biota laut dan juga di sekitar samudra kepada para pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini.

SeaWorld Ancol ini tercatat sudah mempunyai sekitar 7.300 jenis dari biota air tawar yang diantaranya terdiri dari 48 Jenis ikan dan juga 1 jenis reptil. Selain itu juga terdapat biota hewan laut yang ada di Seaworld ini. Tercatat ada sekitar 11.500 ekor biota yang hidup di laut. Diantaranya adalah 138 jenis ikan dan juga di sektor avertebrata serta ada 3 jenis reptil. Biota-biota laut ini akan ditampilkan dan dipamerkan di Seaworld Ancol ini. Tercatat ada sekitar 28 display dan dibagi menjadi 9 akuarium perairan tawar serta adanya 19 akuarium dan juga 4 kolam terbuka yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan yang datang.

Tentu saja pengelola Seaworld ini sudah memberikan tampilan akuarium dan juga wahana yang ada di sini dengan tema-tema khusus. Hal ini untuk menyajikan nuansa tersendiri dan juga memberikan pesan kepada para pengunjung yang datang ke Seaworld tersebut. Kawasan wisata ini tentu saja bisa menambah pengetahuan dan juga informasi mengenai biota yang ditampilkan di wahana serta ruang pameran tersebut. Apalagi di sini juga sudah ada label yang menyajikan sisi informasi mengenai biota yang ada di Seaworld ini baik sisi keunikannya dan juga biologisnya

Di Seaworld ini sudah disediakan aneka macam acara dan juga fasilitas penunjang yang tentu saja dimaksudkan guna memberikan kenyamanan dan juga kepuasan kepada para pengunjung di Seaworld ini. Tentu saja acara-acara ini seperti Feeding show yang dilakukan di akuarium utama dan juga beberapa acara lainnya bisa menarik minat para wisatawan lebih banyak.

Akuarium utama Seaworld
Sea World Ancol ini tentu saja sudah menghadirkan sisi informasi dan juga edukasi yang mengenalkan kepada para pengunjung tentang dunia air pada umumnya dan juga kehidupan di bawah laut pada khususnya. Dengan kehadiran banyak biota laut tentu saja memberikan inovasi serta tampilan yang bisa memberikan suasana serta sisi menarik tersendiri.

SeaWorld Ancol ini menjadi salah satu kawasan yang sangat lengkap dan juga bisa memberikan hiburan dan aneka pendidikan di dunia bawah laut. Tidak heran jika banyak para wisatawan yang bisa menikmati keindahan serta mendapatkan informasi dari dunia bawah laut.

Seaworld Ancol ini memiliki konsep yang sama seperti Seaworld di Orlando, Bangkok, Hong Kong, Singapore dan juga Malaysia. Ikan-ikan yang ada di sini banyak diambil dari kawasan Indonesia seperti laut Jawa, Samudra Hindia, Maumere hingga ke daerah Pasifik dan juga Atlantik.

Feeding Show di Akuarium Utama

 

Seaworld Sempat ditutup

Sejarah Sea World Indonesia memang sedikit tercoreng di tahun 2014. Meski menjadi salah satu kawasan wisata yang diincar oleh para wisatawan terutama wisatawan domestik, Seaworld sempat tersandung kasus masalah perpanjangan kontrak. Di era Gubernur DKI Jakarta Ahok, memang peraturan sedikit lebih ketat. Oleh sebab itu PT Pembangunan Jaya Ancol pada tahun 2014 tepatnya di tanggal 27 September 2014 ini menutup jalur komersial Seaworld yang dikelola PT Sea World Indonesia. Berita ini sempat memanas dan berkaitan dengan isu politik pada saat itu.

Penutupan ini disebabkan pelanggaran yang dilakukan oleh PT Sea World Indonesia selaku pemegang kawasan wisata Sea World Ancol. Hal ini disebabkan PT Sea World Indonesia belum memperbarui proses perpanjangan kontrak dengan pihak PT Pembangunan Jaya Ancol selaku pemegang wilayah di Ancol tersebut.

Hanya saja penutupan tersebut bersifat komersial. Untuk karyawan dan juga para pekerja masih masuk untuk merawat ikan-ikan di Sea World Ancol ini. Setelah masalah dan kasus ini selesai, pihak PT Pembangunan Jaya Ancol memperbolehkan untuk PT Sea World Indonesia untuk beroperasi dan juga membuka lagi kawasan wisata tersebut.

Ikan Pari di akuarium utama

 

Rute dan akses ke Sea World Ancol

Kawasan wisata Sea World Ancol ini letak dan alamatnya berada di daerah Jakarta Utara, atau lebih tepatnya di Ancol. Lokasi Sea World Indonesia ini memang berada di satu wilayah dengan Dunia Fantasi atau Dufan. Berada di dalam Taman Impian Jaya Ancol. Untuk menuju ke kawasan wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui jalur tol ke arah Ancol atau Tanjung Priok. Setelah itu keluar di pintu tol Ancol. Dari pintu tol ini bergerak ke arah kanan dan masuk ke pintu gerbang Ancol. Setelah membayar retribusi, para pengunjung cukup mengikuti papan petunjuk yang sudah banyak tersebar di dalam Taman Impian Jaya Ancol ini. Bisa juga menggunakan Google Map yang akan menyajikan peta Jakarta dan mengetahui area mana yang macet dan lancar.

Sementara jika menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan KRL atau Commuter Line. Jika dari Bogor, bisa menggunakan KRL Commuter Line ini menuju ke arah Kampung Bandan. Dari sini bisa dilanjutkan dengan ojek online atau mikrolet. Jika menggunakan mikrolet, naik jurusan M 15 atau M 15 A yang akan berhenti di depan pintu gerbang Ancol.

Jika berangkat dari Bekasi, bisa menggunakan KRL yang menuju ke arah Stasiun Jakarta Kota. Dari sini dilanjutkan dengan menggunakan Mikrolet jurusan M 15 dan M 15 A yang akan menuju ke arah pintu gerbang Ancol. Sedangkan jika dari arah Serpong bisa menuju ke Kampung Bandan. Akan tetapi transit terlebih dahulu ke Tanah Abang. Dari Kampung Bandan lanjutkan dengan Mikrolet M 15 atau M 15 A ke Ancol.

Selain KRL atau Commuter Line, bus Trans Jakarta juga bisa digunakan jika ingin mengunjungi Sea World Ancol ini. Jika menggunakan bus Trans Jakarta, pilih jalur busway koridor 1 dan koridor 5 yang akan langsung menuju ke pintu gerbang Ancol. Dari sini bisa dilanjutkan menggunakan shuttle bus.

Sedangkan untuk bus umum, bisa menggunakan bus yang memiliki jalur dari Blok M ke Ancol dan terminal Tanjung Priok. Bisa juga menggunakan PPD P38 dari Blok M ke Tanjung Priok. Sementara jalur bis lain bisa memakai bus Steady Safe 948 dari Kampung Melayu ke arah Tanjung Priok dan dilanjutkan dengan mikrolet M 15 atau M 15 A. Untuk Bekasi Barat, bisa menggunakan Mayasari Bakti 27 AC dari Bekasi ke Mangga Dua. Dan lanjut dengan Mikrolet M 15 atua M 15 A yang akan berhenti di depan pintu gerbang Ancol.

Akuarium utama Seaworld

 

Promo Sea World Indonesia

Kawasan wisata Sea World ini kerap berbagi promo tiket murah kepada para pengunjung. Bagi yang mengincar tiket murah atau promo, bisa mengunjungi situs atau website resmi Sea World Indonesia atau di beberapa situs e commerce. Untuk promo Tokopedia, bisa menggunakan promo-promo khusus

Harga tiket masuk dari Sea World Ancol ini sebesar 85 ribu untuk satu orang pada hari biasa. Sementara di hari libur atau akhir pekan dikenakan biaya sebesar 100 ribu per orang. Tentu saja tiket promo bisa membantu jika membawa rombongan dalam jumlah sedang.

Di Lakupon dan Groupon sendiri ada tiket promo dan juga voucher dengan diskon hingga 34 % hari ini. Dari harga 85 ribu bisa menjadi 66 ribu saja untuk sekali datang. Tentu saja bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi para wisatawan.

Lokasi: Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, RW.10, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: 85.000 (Senin – Jumat), 100.000 (Sabtu – Minggu)
Buka/Tutup: 09.00 – 18.00 WIB (Setiap Hari)
Telepon: +62 21 6452976

Share:

0 Comments