Sponsor

Tempat Wisata, Benteng Marlborough Bersejarah

Benteng Marlborough Bengkulu adalah sebuah benteng terbesar di Asia yang notabene adalah peninggalan Pemerintah Inggris pada saat penjajahan beberapa tahun silam. Benteng ini pada mulanya berfungsi sebagai pertahanan. Namun seiring berkembangnya waktu, bangunan ini beralih fungsi menjadi pusat perdagangan.
Benteng Marlborough memiliki daya tersendiri karena selain langka, desain dari bangunan benteng ini juga masih asli tanpa adanya renovasi yang signifikan, tipikal desain pada abad ke 17 –an. Kedekatan lokasi gedung tua ini dengan pantai, menjadikan sebuah perpaduan antara alam dan budaya yang berjalan dinamis.

Lokasi Benteng Marlborough

Selain menjadi tempat wisata, Benteng Marlborough juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk melakukan penelitian tentang sejarah. Setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat bersejarah ini dapat menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke pantai Paderi dan pantai Zakat yang terletak tidak jauh dari Benteng Marlborough.
Di sekitar Benteng Marlborough terdapat sebuah jembatan yang sangat unik. Dimana jembatan ini berbentuk layaknya sebuah ekor yang bisa di lepas pasang. Bentuk bangunan dinding bagian luar juga masih natural, Nampak seperti parit.

 

Fungsi Ruangan dan Bangunan di Dalam Benteng Marlborough

Bastion
Bastion Benteng Malrborough

Bastion Adalah sebuah bangunan menjorok yang terletak di setiap sudut sudut gedung. Fungsi dari bangunan ini adalah untuk menyerang musuh dengan tidak menampakkan dirinya.

Revaline
Revaline Benteng marlborough

Revaline Adalah Sebuah Bangunan diatas parit yang mempunyai tiga sudut. Bangunan terhubung dengan sebuah benteng melalui sebuah jembatan.

Ruang Tahanan
Ruang tahanan benteng marlborough

Ruang tahanan adalah salah satu tuang yang paling menyeramkan dari Benteng Marlborough Bengkulu ini. Ruangan ini berfungsi sebagai tempat menampung para tahanan pada masa penjajahan.

Gudang Persenjataan
Persenjataan Benteng Malrboroug

Tempat yang digunakan untuk menyimpan perlengkapan persenjataan oleh pemerintahan Inggris, yang termasuk didalamnya adalah meriam.

Beberapa Meriam
Meriam Benteng Marlborough

Sebuah senjata peninggalan inggris yang pada masanya digunakan untuk peperangan. Terdapat 4 meriam yang diletakkan di tempat terpisah, yaitu dua meriam diletakkan disebelah utara dan dua lainnya diletakkan disebelah timur.

Terowongan
Terowongan benteng marlborough

Di dalam Benteng Marlborough terdapat sebuah terowongan dengan lebar 2 meter dan panjang kurang lebih 6 meter. Terowongan ini dibangun di bawah tanah dan berfungsi sebagai jalur aman untuk keluar masuk benteng. Konon berdasarkan berita yang beredar, Terowongan ini pada mulanya sangat panjang. Bahkan ujung dari terowongan ini memiliki beberapa cabang yang berujung di pantai Paderi, Pantai Zakat dan Istana Gubernur. Dan seiring berjalannya waktu, terowongan ini tertutup tanah dan yang tersisa saat ini hanya sepanjang 6 meter.
Tips: Sempatkan untuk membaca cerita cerita sejarah yang telah dirangkum di lokasi wisata, dan melihat lihat peninggalan sejarah penting lainnya untuk menambah pengetahuan.
Baca juga: Lawang Sewu, Kisah Tragis Dibalik Sebuah Gedung Tua di Semarang

 

Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Benteng Marlborough adalah warisan peninggalan Pemerintah Inggris pada saat menguasai daerah Bengkulu. Bangunan ini didirikan pada tahun 1713 sampai dengan 1719, oleh East India Company (EIC) dan Gubernur yang sedang memimpin pada saat itu adalah Joseph Collet.
Nama “Marlborough” sendiri diambil dari nama Bangsawan Penjajah Inggris yang bernama lengkap Duke of Marlborough I. Pemerintah Inggris pada masa itu menduduki kawasan ini pada tahun 1685 hingga 1825, atau sekitar 25 tahun.
Bentang Marlborough Bengkulupada mulanya dibangun di atas sebuah bukit, dan konon katanya merupakan benteng terkuat diantara bangunan jajahan Inggris lainnya.

 

Misteri Benteng Marlborough

Misteri Benteng Marlborough

Sudah menjadi rumor umum bagi masyarakat Bengkulu mengenai kisah kisah aneh yang sering terjadi di dalam Benteng Marlborough, dimana sering terjadi kejanggalan kejanggalan yang hingga kini masih menjadi misteri.

Mahkluk Halus
Beberapa pengunjung yang sedang berjalan jalan di lantai bawah mengaku seringkali diperlihatkan sesosok pemuda dengan keadaan kaki di rantai dan di pasung. Keadaan dan kondisi bawah tanah Benteng Marlborough memang lembab, dan menurut ahli supranatural tempat lembah memang seringkali menjadi tempat bersinggah nya para mahkluk halus.

Suara Langkah Kaki
Tidak sedikit juga para pengunjung yang memasuki Benteng Marlborough Bengkulu ini mengaku seringkali diperdengarkan oleh suara langkah kaki. Seolah olah ada seseorang yang sedang berjalan, namun ketika dilihat tidak ada siapa siapa.

Bau busuk
Selain penampakan sosok mahkluk halus dan langkah kaki, misteri yang paling sering dialami oleh setiap pengunjung yang datang adalah bau busuk. Bau busuk yang ditimbulkan menyerupai sebuah bangkai binatang. Namun, pada kenyataannya tidak ada satupun bangkai di dalam gedung Benteng Marlborough Bengkulu ini.

Pintu Penghubung Alam Gaib
Berdasarkan beberapa isu yang beredar, konon di dalam Benteng Marlborough Bengkulu ini terdapat sebuah pintu untuk menuju alam gaib. Terdapat 3 buah pintu masuk yang tersebar di lokasi yang berbeda, yaitu di bawah jembatan, ruang penjara, dan si pintu masuk gerbang.
“Mungkin” saja kejadian kejadian aneh yang acap kali muncul mengisyaratkan kejadian yang telah terjadi di masa silam.

 

Lokasi Benteng Marlborough

Benteng Marlborough berada di pusat kota Bengkulu, tepatnya berada di jalan Bencoolen. Lokasi Bangunan tua ini berdekatan dengan Pantai Paderi dan pantai Zakat Bengkulu.
Akses untuk menuju lokasi sangat mudah, karena tersedia berbagai macam angkutan baik darat, laut, maupun udara.
Rute dengan menggunakan transportasi Udara;
Bandara Fatmawati => Pasar Panorama => Alun-alun/Fort MarlBorough
Rute dengan menggunakan Bus;
Terminal Sungai hitam => Prapto/Pasar Panorama => Alun-alun/ Fort MarlBorough
Rute apabila berangkat dari Kota Bengkulu;
Kota Bengkulu => Jalan Sudirman => Jalan Bencoolen => Benteng Marlborough
Tidak jauh dari lokasi terdapat sebuah hotel yang letaknya tidak jauh dari Tugu Square. Hotel tersebut disediakan untuk wisatawan yang ingin menginap dan bermalam.
Tips: Pengunjung disarankan untuk mengenakan pakaian tebal atau sedia sunblock untuk melindungi diri dari panasnya sengatan matahari ketika berada diatas benteng.
Harga Tiket Masuk Benteng MarlBorough: Rp.2.500
Note: Harga tiket dapat berubah sewaktu waktu
Lihat Lokasi Benteng Marlborough Bengkulu di Google Map

Share:

0 Comments