Sponsor

Tempat Wisata Jembatan Barito – Kalimantan Selatan

Jembatan Barito di dekat Banjarmasin, bisa menjadi tempat yang asyik untuk menikmati sore di akhir pekan. Keramaian warga dan matahari terbenam, tak boleh terlewatkan.

Jembatan Barito berdiri kokoh melintasi Sungai Barito. Selain berfungsi sebagai jalur penyeberangan, Jembatan barito juga asyik untuk menjadi destiasi wisata.

Anak muda setempat banyak yang nongriong di sekitar Jembatan Barito, apalagi di akhir pekan. Apalagi jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Banjarmasin, hanya 15 km atau berkendara sekitar 30 menit naik motor.

Jembatan besar dengan tiang utama berwarna kuning adalah ciri khasnya. Jemata ini diresmikan tahun 1997 oleh Presiden Soeharto. Jembatan ini panjangnya 1.082 meter dan lebar sekitar 10 meter.



Kita bisa menikmati Jembatan Barito dari berbagai tempat. Kita bisa melintasinya dan mengagumi infrastrukturnya dari dekat. Bisa juga kita menikmatinya dari tepi Sungai Barito

Dari tepi Sungai Barito kita juga bisa mengagumi jembatan ini dari kejauhan. Jajan-jajan sore juga asyik dilakukan untuk menunggu sunset datang.

Manakala sunset tiba, kita bisa menikmatinya dari atas jembatan. Cahaya keemasan membuat Jembatan Barito semakin keren.

Traveler juga bisa mengagumi Jembatan Barito dari ketinggian lewat video perjalanan drone Elang Nusantara secara live dari layar monitor. Melalui program Ekspedisi Langit Nusantara, Telkomsel akan mengungkapkan pesona Indonesia melalui video yang diambil dari dua drone berjenis UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yang melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia selama sebulan penuh.

Untuk hari ini drone yang diterbangkan dari bagian timur Indonesia akan berkeliling di Banjarmasin. Cukup dengan mengakses situs, Elang Nusa kita dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun rekaman. Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia.

Borneo atau biasa disebut dengan Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang memiliki puluhan sungai pulau besar dan panjang. Salah satu sungai tersebut adalah Sungai Barito yang membentang di Propinsi Kalimantan Selatan tepatnya di Kota Banjarmasin. Di Sungai Barito inilah terdapat sebuah jembatan yang cukup terkenal yang di beri nama jembatan Barito.

Jembatan Barito sendiri mempunyai panjang lebih 1000 meter. Jembatan tersebut melintasi beberapa wilayah mulai dari Sungai Barito, Pulau Bakut . Jembatan ini merupakan satu satunya akses jalan trans Kalimantan dari Banjarmasin menuju Palangkaraya. Dengan ketinggian sekitar 15 hingga 18 meter, bagian bawah jembatan barito biasa digunakan untuk lalu lintas perairan kapal-kapal yang lewat di bawahnya.



Jembatan Barito sendiri selain menjadi infrastruktur untuk menunjang perekonomian, kini juga digunakan sebagai yang digunakan sebagai salah satu tujuan wisata bagi para traveller yang berkunjung di Banjarmasin. Letaknya yang tak jauh dari pusat kota Banjarmasin atau sekitar 18 kilometer menjadikan jembatan ini menjadi destinasi favorit. Belum sah sepertinya jika ke kota Banjarmasin tidak mampir di Jembatan Barito.

Selain menikmati gagahnya Jembatan Barito yang  membentang di antara daratan yang dipisahkan sungai Barito, traveller juga bisa melakukan kegiatan seperti fotografi di sekitaran jembatan Barito baik siang maupun di malam hari.

Sebelah timur jembatan juga terdapat area camping yang disebut dengan Lapangan Timur Jembatan Barito. Wilayah ini merupakan area camping yang di buka untuk umum bagi siapapun yang ingin camping disini dengan latar belakang sungai Barito dan jembatan Barito. Pemandangan lainnya seperti penumpukan pasir untuk bahan bangunan hingga lahan kosong yang sepi penghuni dengan pepohonan bisa dinikmati dari atas jembatan Barito.

Bagi traveller yang suka dengan fotografi, di sekitaran wilayah jembatan Barito juga terdapat beberapa view alam yang cukup cantik. Beberapa momen indah bisa traveller ambil dari atas jembatan mulai dari Bekantan yang terdapat di Pulau Bakut, Kapal yang melintas di bawah jembatan hingga sunrise maupun sunset.

Traveller juga bisa pergi memancing di sekitar dermaga atau menyewa perahu motor yang bisa di sewa untuk menuju tengah sungai dengan menikmati pemandangan dari bawah Jembatan Sungai Barito. Selain itu, traveller juga bisa mampir dan bersantai di beberapa warung kecil yang menjajakan berbagai macam kuliner.

Share:

0 Comments