Sponsor

Tempat Wisata Taman Wisata Mekarsari



Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki pesona serta keindahan tersendiri. Hal ini bisa terlihat dengan aneka ragam buah nan segar dengan jenis beragam.

Tentu saja hal ini menjadi daya tarik dari negeri Khatulistiwa ini. Sebuah kombinasi pas dari segi hasil alam serta keindahannya.

Selain hasil alam, ada banyak aspek seperti keindahan alam yang bisa dinikmati di sini. Salah satunya adalah Taman Buah Mekarsari Bogor.

Kawasan wisata Taman Buah Mekarsari Bogor ini adalah salah satu tempat rekreasi dengan konsep agrowisata dengan mengedepankan keindahan alam serta hasil bumi seperti buah yang berlimpah.
Lokasinya berada di daerah Bogor tepatnya di Cileungsi. Kawasan Taman Wisata Mekarsari ini mempunyai sekitar 1.470 varietas buah dengan rasa nan manis.

Selain itu di sini para turis juga bisa melihat sekitar 100.000 pohon di tanam di obyek wisata tersebut.
Para pengunjung akan diajak untuk melihat lebih dekat seperti apa tanaman rempah, tanaman biofarma dan juga tanaman pangan.

Masih ada pula tanaman hias, tanaman sayur serta tanaman industri hingga tanaman pelindung yang biasa digunakan di cluster, perumahan hingga residence.

Tanaman-tanaman ini memiliki fungsi untuk menahan banjir serta air hujan kala turun dengan deras.
Kandang Rusa di taman wisata
Di sini para pengunjung juga bisa mengunjungi salah satu laboratorium guna menyilangkan berbagai macam varietas tumbuhan sehingga bisa menghasilkan Barbados cherry, jambu air irung petruk serta jambu air cengkih.

Masih ada pula nenas arnis, jambu air toon klow dan juga persilangan buah cempedak hingga nangka.
Taman Buah Mekarsari ini menjadi salah satu kawasan wisata alam yang bisa dikunjungi oleh para.
Kawasan edukasi ini menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki banyak keindahan alam selain di Bandung, Cimanggis, Malang, Bekasi, Depok, hingga Tangerang. Tentu saja memberikan kesan tersendiri.
Patung buah di Taman Mekarsari
Kawasan ini mempunyai review nan cukup bagus. Sementara untuk mendapatkan informasi mengenai taman ini bisa mengunjungi situs resmi atau wikipedia hingga wikimapia.

Ada apa saja di web resmi dari Taman Buah Mekarsari ini? Para pengunjung bisa mendapatkan jadwal panen, review hingga informasi serta dekripsi mengenai kawasan wisata ini yang sangat lengkap.

Bisa pula mendapatkan profil, pemilik, rute, akses, sejarah hingga berdirinya taman ini.
Selain itu web resmi dari Taman Buah ini juga menyajikan struktur organisasi dari manajemen kawasan wisata tersebut. Lalu ada pula objek photo hingga foto-foto serta gambar kegiatan yang pernah dilakukan di Taman tersebut.

Di website ini pula sudah tersedia visi misi dari manajemen taman wisata yang terkoneksi langsung dengan aplikasi Facebook, Google, Kaskus, youtube blog, termasuk nomor telepon.

Di sini pula juga bisa didapatkan mengenai informasi lowongan kerja disebabkan taman agrowisata ini masih kekurangan karyawan.
Area pintu masuk Taman Buah

 

Sejarah Taman

Di situs resmi dari obyek wisata ini para pengunjung bisa mendapatkan jadwal hari ini hingga promo, paket serta deskripsi dalam bahasa Inggris.

Kawasan wisata Taman Buah Mekarsari ini menurut sejarahnya dibangun oleh ide dari Almarhumah Ibu Tien Soeharto. Kawasan wisata ini dibangun di tahun 1990.

Selang lima tahun kemudian atau tepatnya tahun 1995 ini lokasi wisata ini diresmikan dengan nama Taman Buah Mekarsari.

Seiring dengan makin banyaknya varian tanaman di kembangkan serta dibudidayakan di sini seperti sayur-mayur dan juga tanaman hias, akhirnya di tahun 2004 ini namanya diubah dari Taman Wisata Buah Mekarsari menjadi Taman Wisata Mekarsari.

Hal ini sesuai dengan visi misi terbaru dari manajemen. Taman Wisata Mekarsari ini berada di atas area dengan luas total mencapai 264 hektar.

Demi menambah keasikan para turis, di sini sudah ada wahana permainan menarik guna memberikan kenyamanan kepada para.
Gerbang tiket ke taman wisata

 

Jam Operasional

Jam berapa kawasan liburan di Kabupaten Bogor ini dibuka? Kawasan ini dibuka sejak pukul 10.00 pagi WIB. Dan akan ditutup pada pukul 16.30.

Jam operasional ini hanya berlaku hari Senin hingga Jumat ketika tidak memasuki hari libur nasional. Sementara untuk weekend atau Sabtu Minggu dan juga hari libur nasional, taman ini dibuka sejak pukul 9 pagi. Dan akan ditutup pada pukul 16.30 sore.

 

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk atau htm dikenakan biaya sebesar 50 ribu per orang baik dewasa atau anak-anak.

Harga ini hanya berlaku untuk hari Senin hingga Jumat. Sedangkan untuk akhir pekan atau hari libur nasional tidak berbeda jauh dengan hari biasa. Untuk kendaraan roda 4 dikenakan biaya tambahan 20 ribu per kendaraan.
Signage Taman Wisata Mekarsari
Yang cukup menarik adalah bahwa di kawasan wisata ini sudah memakai sistem Top Up. Di mana pengisian saldo ini bisa memudahkan para turis menggunakan berbagai macam wahana permainan di sini.

Praktis membuat para tidak perlu lagi untuk mengantre guna membeli tiket jika berkeinginan menaiki wahana.

Tiket masuk ini sudah termasuk untuk masuk ke dalam kawasan dan juga gelang RFID. Gelang ini yang nantinya digunakan sebagai pengisian saldo.

Jika para turis hendak pulang, gelang RFID tersebut bisa dibawa pulang atau menukarkan kembali guna mendapatkan saldo yang masih tersisa. Sebuah sistem nan menarik.
Gazebo di Taman Buah

 

Lokasi dan Alamat

Lokasi dari Taman Wisata Mekarsari ini terletak dan juga beralamat di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM. 3, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Praktis bisa dijangkau dengan sangat baik dan mudah baik menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bis dan juga naik kereta api. Pasalnya berdekatan dengan stasiun kereta api.

Lokasi: Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat 16820
Maps: Klik Disini
HTM: Mulai Rp.50.000
Buka/Tutup: 08.30 – 16.00 WIB
Telepon: (021) 8231812

Share:

0 Comments